Wayangan Merti Dusun Ngaran Desa Gilangharjo

Administrator 06 Desember 2017 08:26:36 WIB

Warga dusun Ngaran, Gilangharjo, Pandak, Bantul, menggelar Merti Dusun, Minggu (5/11). Kegiatan dalam rangka melestarikan warisan nenek moyang ini, diisi dengan berbagai kegiatan, dan pertunjukan wayang kulit semalam suntuk oleh Ki Dalang Rusmadi dari Kulonprogo dengan lakon “Tumuruning Wahyu Kumarajati”.

Ketua panitia Cipto Sumarjo mengatakan, merti dusun ini merupakan kalender tahunan dalam upaya melestarikan seni budaya daerah, sekaligus sebagai sarana wujud syukur warga terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas berkah karunia-Nya.

“Sudah sepantasnya kami mengadakan acara seperti ini, selain untuk memperingati hari jadi Dusun Ngaran, kami juga ingin memperkenalkan budaya dalam negeri yang diadaptasikan di Indonesia,” ujarnya.

Kegiatan merti dusun ini berlangsung bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Provinsi DIY dan peran aktif KKN UPNVYK angkatan 63 kelompok 65. Kelompok KKN yang terdiri 10 orang ini, dinilai berperan mengkonsep beberapa agenda di dusun Ngaran.

Hadir dalam kegiatan Merti Dusun, perwakilan dari Dinas Kebudayaan DIY, perwakilan dari Dinas Kebudayaan Bantul, perwakilan dari DPRD Bantul Eko Sutrisno Aji dan Heru Sudibyo, Camat Pandak Subiyanto, perwakilan dari koramil pandak M. Sugi, Kepala Desa Gilangharjo Pardioyo, PLT Kepala Dusun Supriyanto dan masyarakat setempat.

“Untuk memberikan hiburan yang lebih, dalam pementasan wayang semalam suntuk, kami hadirkan Jeng Rini dan Mas Angger Sukisno,”tandasnya.

Ketua KKN UPN Angkatan 63 Kelompok 65, Dwi Saputro menambahkan, seluruh biaya pelaksanaan Merti Dusun kali ini berasal dari swadya masyarakat, dan dibantu Dinas Kebudayaan Provinsi DIY, Serta Pemerintah Desa Gilangharjo.

Komentar atas Wayangan Merti Dusun Ngaran Desa Gilangharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas