Jelang Festival Gejog Lesung se-Kabupaten Bantul, Kelompok Seni di Jomboran Semangat Latihan

29 Maret 2022 15:04:00 WIB

Gilangharjo - Dalam rangka mempersiapkan diri menjelang Festival Gejog Lesung se-Kabupaten Bantul, Kelompok Seni Gejog Lesung Gotong Royong Kwatangan Padukuhan Jomboran RT 03 Kalurahan Gilangharjo menggiatkan latihan gejog lesung. Latihan diadakan pada malam hari di salah satu rumah warga dan diikuti oleh seluruh anggota kelompok seni Gotong Royong yang sebagian besar adalah wanita lansia.

Hermawan selaku Ketua RT di Kwatangan Padukuhan Jomboran RT 03 mengatakan bahwa selain sebagai persiapan jelang festival, latihan ini juga sebagai bentuk upaya untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan lokal.

"Sebenarnya kami akan mengikuti festival gejog lesung besok adalah bentuk upaya kami untuk melestarikan seni dan budaya gejog lesung yang sudah banyak dilupakan. Jadi, latihan ini pun juga memiliki tujuan yang sama" ujar Wawan.

Berdasarkan informasi dari Wawan, festival gejog lesung se-Kabupaten Bantul yang akan diikuti oleh kelompok seni Gotong Royong akan diadakan di Pantai Goa Cemara pada Minggu (20/3). Harapannya, kelompok seni Gotong Royong tidak hanya sekedar ikut meramaikan festival, namun juga membawa nama baik hingga ke tingkat kabupaten. (IMR)

Komentar atas Jelang Festival Gejog Lesung se-Kabupaten Bantul, Kelompok Seni di Jomboran Semangat Latihan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas