Dua Hari di Mangunan, Satgas PPA Kalurahan Gilangharjo Pulang Sudah Menjadi PSM

29 Maret 2022 15:04:40 WIB

Gilangharjo - Pemerintah Kalurahan Gilangharjo Kapanewon Pandak melalui Komite Kesejahteraan dan Perlindungan Anak (KKPA) Kalurahan Gilangharjo menggelar bimtek dasar pekerja sosial masyarakat (PSM) di Desa Wisata Mangunan Kapanewon Dlingo Kabupaten Bantul. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) se-Kalurahan Gilangharjo tersebut dimulai pada Jumat siang (18/3) dan dilaksanakan selama dua hari berturut-turut.

Muhammad Zainul Zain, S. Ag. selaku Ketua KKPA mengatakan bahwa kegiatan bimtek tersebut diadakan dalam rangka agar Satgas PPA dapat menjadi PSM mengingat payung hukum PSM lebih kuat dibandingkan dengan Satgas PPA. Selain itu, jangkauan permasalahan yang didampingi PSM juga lebih luas, karena tidak hanya soal perlindungan perempuan dan anak.

"Setiap anggota Satgas PPA harus menjadi PSM, karena legalitas atau payung hukum PSM yang berupa undang-undang jauh lebih kuat dibandingkan payung hukum PPA yang hanya berupa Peraturan Menteri. Selain itu, wilayah kerja PSM lebih luas dan sudah mencakup wilayah kerja PPA", kata Zainul.

Dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bantul, kegiatan bimtek tersebut diisi oleh beberapa narasumber, di antaranya Wakil Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Nasional. Setelah bimtek dasar PSM tersebut, para peserta diharapkan juga bisa mengikuti bimtek lanjutan di kemudian hari agar perannya dalam membantu masyarakat semakin maksimal. (IMR)

Komentar atas Dua Hari di Mangunan, Satgas PPA Kalurahan Gilangharjo Pulang Sudah Menjadi PSM

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas