Sosialisasi Hasil Analisa Situasi Perlindungan Anak di Kalurahan Gilangharjo

29 Maret 2022 15:07:12 WIB

Gilangharjo - Komite Kesejahteraan dan Perlindungan Anak (KKPA) Kalurahan Gilangharjo menggelar Sosialisasi Hasil Analisa Situasi Perlindungan Anak (ASPA) bagi seluruh Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) se-Kalurahan Gilangharjo. Kegiatan ini juga turut diikuti oleh Gerakan Sosial Masyarakat (GSM) Putro Linuwih yang telah lama menjalin kemitraan dengan Kalurahan Gilangharjo dalam hal perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak.

Menurut Muhammad Zainul Zain, S. Ag. selaku Ketua KKPA Kalurahan Gilangharjo, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari beberapa kegiatan-kegiatan sebelumnya yang semuanya juga dilaksanakan bersama Putro Linuwih.

"Sebelum ini kami telah melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD). Setelah itu, hasil FGD juga sudah kami validasi bersama dukuh dan ibu-ibu kader PKK. Nah, hari ini hasil dari dua kegiatan tersebut kami sosialisasikan untuk bersama-sama ditentukan rencana aksi tindak lanjutnya", ujar Zainul.

Dalam kegiatan ini disampaikan lima jenis kekerasan yang masih banyak ditemukan di wilayah Kalurahan Gilangharjo. Menurut Zainul, FGD sebelumnya menghasilkan sebanyak 23 jenis kekerasan. Namun setelah validasi bersama dukuh dan ibu-ibu kader PKK kemudian dipilih 5 dari 23 yang dinilai memang paling banyak ditemukan di wilayah Kalurahan Gilangharjo. Selanjutnya, dalam kegiatan ini akan ditentukan rencana aksi tindak lanjut dari lima jenis kekerasan tersebut. Harapannya dalam kegiatan ini dapat ditentukan rencana aksi tindak lanjut yang benar-benar strategis dan dapat segera ditindaklanjuti. (IMR)

Komentar atas Sosialisasi Hasil Analisa Situasi Perlindungan Anak di Kalurahan Gilangharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas