Jaga Tradisi, Warga Tambalan Gelar Upacara Nyadran di Komplek Makam Gunung Tambalan

31 Maret 2022 14:41:28 WIB

Gilangharjo - Sebagai upaya untuk menjaga tradisi sekaligus untuk mendoakan arwah para leluhur, warga Tambalan Padukuhan Kauman Kalurahan Gilangharjo menggelar Upacara Nyadran di komplek Makam Gunung Tambalan pada Kamis siang (24/3). Diawali dengan kirab jodang yang dibawa oleh beberapa anggota Karang Taruna Gilangharjo, upacara ini dihadiri oleh salah satu anggota DPRD DIY dan Ketua Badan Permusyawaratan Kalurahan (Bamuskal) Gilangharjo.

Menurut Muhammad Zainul Zain, S. Ag. selaku Ketua Bamuskal Gilangharjo, upacara ini merupakan tradisi tahunan yang juga diinstruksikan oleh Kraton Yogyakarta agar dilaksanakan. Meskipun begitu, selama ini pelaksanaan upacara belum mendapatkan perhatian dari pemerintah dan hanya didanai secara swadaya oleh masyarakat dan beberapa donatur.

"Kemarin saya melihat sendiri memang ada surat resmi dari Kraton terkait pelaksanaan upacara nyadran ini", ujar Zainul.

Lebih lanjut, Zainul mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya agar tahun depan ada support anggaran dari APBKal untuk kegiatan nyadran di Gunung Tambalan ini sebagai bentuk dukungan atas pelestarian adat dan tradisi masyarakat. (IMR)

Komentar atas Jaga Tradisi, Warga Tambalan Gelar Upacara Nyadran di Komplek Makam Gunung Tambalan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas