Diikuti 3 RT Sekaligus, Nyadran di Padukuhan Jodog Juga Dihadiri Beberapa Aparat Kalurahan

Imron Hidayatullah 31 Maret 2022 14:44:09 WIB

Gilangharjo - Untuk mendoakan arwah para leluhur, warga masyarakat Padukuhan Jodog RT 02, RT 03 dan RT 04 Kalurahan Gilangharjo menggelar Upacara Tirakatan Nyadran pada Jumat malam (25/3). Selain diikuti oleh warga dari tiga RT tersebut, upacara ini juga turut dihadiri oleh beberapa pejabat dari Kalurahan Gilangharjo.

Digelar di komplek pemakaman Secogendero Jodog, terpantau acara ini turut dihadiri oleh Lurah Kalurahan Gilangharjo, Ketua Bamuskal Gilangharjo, Bhabinkamtibmas Gilangharjo dan Dukuh Padukuhan Jodog.

Muhammad Zainul Zain, S. Ag. selaku Ketua Bamuskal Gilangharjo mengatakan bahwa acara tirakatan ini merupakan tradisi tahunan yang digelar setahun sekali setiap bulan Sya'ban atau Ruwah menjelang bulan Ramadhan.

"Karena saat bulan Ramadhan biasanya sudah disibukkan dengan ritual ibadah masing-masing, biasanya menjelang bulan Ramadhan seperti ini kami berkumpul untuk mendoakan arwah para leluhur secara bersama-sama", ujar Zainul.

Dengan adanya upacara nyadran seperti ini diharapkan dapat menambah ketenangan dan kekhusyukan dalam beribadah saat bulan Ramadhan. (IMR)

Komentar atas Diikuti 3 RT Sekaligus, Nyadran di Padukuhan Jodog Juga Dihadiri Beberapa Aparat Kalurahan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Paduan Suara TP PKK Desa Gilangharjo

Integrasi dengan Atmago

Pengumuman

Mohon menginformasikan kepada Wartawan Kalurahan bila di tempat Bapak Ibu terdapat kegiatan yang dapat di publikasikan melalui nomor WA :0838-4040-5458

Kalender

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License