Ditemani Staf Kalurahan, Kelompok Tani Tani Harjo Lakukan Gerdal WBC

Imron Hidayatullah 05 Agustus 2022 09:49:45 WIB

Gilangharjo - Para petani dari kelompok tani Tani Harjo Kalurahan Gilangharjo melakukan gerakan pengendalian (gerdal) hama wereng batang coklat (WBC) bersama-sama pada Jumat sore (15/7). Kegiatan tersebut juga turut ditemani oleh tim dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kismo Angratani Kapanewon Pandak dan salah satu staf Kalurahan Gilangharjo, Bayudi.

Menurut Bayudi, WBC merupakan jenis serangga yang menyerang bagian batang padi.  Hama ini memperoleh makanan dengan cara menghisap cairan pada batang padi hingga tanaman padi menjadi kering dan kecoklatan. Untuk mengamankan tanaman padi dan mencegah perluasan populasi hama WBC, menurutnya  memang perlu dilakukan pengendalian wbc pada tanaman padi yang berumur 45-75 hari setelah tanam.

"Pengendalian secara bersama-sama seperti ini penting untuk dilakukan agar petani terbiasa melakukan pengamatan harian dan juga melaksanakan pengendalian secara bersama-sama", ujar Bayudi.

Dengan adanya kegiatan gerdal wbc tersebut, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan serta meningkatkan kesejahteraan para petani. (IMR)

Komentar atas Ditemani Staf Kalurahan, Kelompok Tani Tani Harjo Lakukan Gerdal WBC

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

The Wonderfull Gilangharjo

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License