Doakan Arwah Para Pahlawan, Masyarakat di Gilangharjo Gelar Tirakatan Pada Malam Kemerdekaan

15 September 2022 13:46:14 WIB

Gilangharjo - Warga masyarakat di Kalurahan Gilangharjo menggelar tirakatan dan doa bersama guna mendoakan arwah para pahlawan pejuang kemerdekaan Republik Indonesia serta mengenang kembali perjuangan mereka pada Selasa malam (16/8). Kegiatan tersebut sudah menjadi tradisi tahunan dan dilaksanakan di wilayah masing-masing.

Menurut Ndaru Sih Wahyono, S. S. selaku Tata Laksana di Kalurahan Gilangharjo, kegiatan malam tirakatan hari kemerdekaan dilaksanakan dengan cara yang beragam sesuai kebiasaan di wilayah masing-masing. Ada beberapa wilayah yang melibatkan seluruh warganya, ada pula yang hanya melibatkan kalangan bapak-bapak. Bentuk kegiatannya pun juga bermacam-macam.

"Malam tirakatan hari kemerdekaan seperti ini memang setiap wilayah berbeda-beda. Ada yang dilakasanakan di setiap RT, ada pula yang beberapa RT sekaligus dilaksanakan di satu tempat. Acaranya pun macam-macam. Ada yang hanya doa bersama, ada pula yang ditambah dengan pentas seni, nonton bareng dan lain sebagainya. Tapi intinya ya doa bersama untuk arwah para pahlawan pejuang kemerdekaan", ujar Ndaru.

Lebih lanjut, Ndaru hanya berharap tradisi tersebut dapat terus dilestarikan di seluruh wilayah Kalurahan Gilangharjo sebagai wujud bakti dan terima kasih kepada negeri dan para pahlawan pejuang kemerdekaan. (IMR)

Komentar atas Doakan Arwah Para Pahlawan, Masyarakat di Gilangharjo Gelar Tirakatan Pada Malam Kemerdekaan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas