Keseriusan Pemdes Gilangharjo dalam Penanganan Sampah ditunjukkan dengan Pembentukan Pengurus Tingka

Administrator 06 Februari 2018 13:26:02 WIB

Lurah Desa Gilangharjo bersama dengan Pamong pada Selasa, 6 Februari 2018 mengadakan rapat koodinasi terkait penanganan sampah. Pertemuan yang dihadiri oleh Lurah, Kasi Kaur dan Bapak/ Ibu Dukuh ini menghasilkan kesepakatan pembentukan pengurus di tingkat desa; dan rencana lokasi pembuatan depo sampah tingkat desa.

Dalam pembentukan pengurus ini, melalui Kasi Kesejahteraan, Agus Warsito dan Kasi Pelayanan, Basuki mengusulkan pengurus pengelolaan sampah ditingkat desa disarikan dari Paguyuban “Jaringan Pengelolaan Sampah Mandiri (JPSM) Gilangharjo” yang sudah ada sebelumnya.

 

Ndaru Sih Wahyono,  selaku anggota JPSM Gilangharjo mengaku senang dengan keputusan ini. Pasalnya anggota JPSM adalah orang-orang yang sudah mempunyai kesadaran akan lingkungan tempat tinggalnya. Mereka kebanyakan sudah memulai aksi dengan mengumpulkan dan memilah-milah sampah di lingkup RT maupun pedukuhan.

Nantinya pengurus JPSM akan dijadikan sebagai pengurus pengelolaan sampah tingkat desa, dengan penambahan Bapak/Ibu Dukuh sebagai Koordinator di tiap-tiap pedukuhan. Selain itu masing-masing pedukuhan juga diharuskan segera mengirimkan sedikitnya tiga nama untuk anggota di kepengurusan ini.

Selanjutnya lokasi pembangunan “Depo Sampah Tingkat Desa” disepakati berada di Bulak Nitirejan, Kauman. Hal ini melihat letaknya berada di tengah-tengah Desa Gilangharjo. Namun begitu yang masih menjadi pertanyaan adalah wujud dari “Depo” yang disarankan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Pemerintah desa memiliki harapan ke depan depo tidak hanya berwujud tempat pembuangan sampah melainkan ada bangunan-bangunan untuk pengelolaan sampah. Misalnya mengolah sampah dari organik menjadi pupuk, dan lain sebagainya.

Dalam pertemuan ini dari Bapak/Ibu Dukuh juga menyampaikan kondisi real di lapangan. Tentang sudah ada embrio-embrio yang mengawali dengan memilah sampah dan menjualnya sebagai kas pemuda. Lebih baiknya lagi di pedukuhan Jodog akan ada pembangunan Rumah Pilah Sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Hal ini semakin menujukkan penguatan  pioner-pioner pengelolaan sampah di wilayah Desa Gilangharjo.

Komentar atas Keseriusan Pemdes Gilangharjo dalam Penanganan Sampah ditunjukkan dengan Pembentukan Pengurus Tingka

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas