Upacara Tradisi Saparan di Sendang Plempoh Kembali Digelar

26 Oktober 2022 12:55:50 WIB

Gilangharjo - Warga masyarakat Padukuhan Gunting, Padukuhan Karanggede dan sekitarnya mengadakan upacara tradisi Tirakatan dan Kenduri Saparan di Sendang Plempoh pada Kamis malam (8/9) dan Jumat siang (9/9). Upacara ini merupakan tradisi tahunan yang selalu digelar pada Jumat Pon atau Kamis Pon pada setiap bulan Sapar / Shafar.

Menurut Tumilan, S. H. selaku Dukuh di Padukuhan Gunting, upacara Saparan tersebut merupakan yang pertama kali digelar sejak adanya Pandemi covid-19. Selama dua tahun ada pandemi covid-19, upacara yang sudah menjadi tradisi sangat lama tersebut terpaksa ditiadakan.

"Ini memang yang pertama kali sejak adanya pandemi covid-19. Karena kondisi sudah lebih baik, tahun ini kami kembali mengadakannya. Biasanya acara akan sangat meriah karena ada kirab juga. Namun, karena ini yang pertama setelah ditiadakan selama dua tahun, kirab kali ini kami tiadakan", ujar Tumilan.

Lebih lanjut Tumilan berharap kedepannya upacara tradisi Saparan di Sendang Plempoh dapat terus dilaksanakan dan dapat kembali meriah seperti sebelum-sebelumnya. (IMR)

Komentar atas Upacara Tradisi Saparan di Sendang Plempoh Kembali Digelar

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas