Dimeriahkan Dengan Pentas Jathilan dan Gedrug, Warga Depok Gelar Upacara Merti Dusun

Imron Hidayatullah 02 Desember 2022 10:20:34 WIB

Gilangharjo - Warga Padukuhan Depok Kalurahan Gilangharjo menggelar upacara merti dusun pada Minggu (2/10). Dimeriahkan dengan pentas seni jathilan dan gedrug, upacara tersebut berlangsung sangat meriah. Semua warga mulai dari anak-anak hingga orang tua, baik laki-laki maupun perempuan semua berkumpul untuk mengikuti semua rangkaian kegiatan upacara tersebut.

Supriyanto, S. E. selaku Jagabaya dan Ketua Kalurahan Budaya Gilangharjo mengatakan bahwa upacara merti dusun tersebut diadakan sebagai wujud syukur masyarakat kepada Yang Maha Kuasa atas segala berkah selama setahun, terutama berkah hasil panen.

"Merti dusun ini sebagai wujud ungkapan rasa syukur atas segala nikmat dari Sang Pencipta dan bertujuan pula untuk merekatkan tali persaudaraan, gotong royong dan kerukunan warga di Padukuhan Depok", kata Supriyanto.

Selanjutnya, Supriyanto menambahkan bahwa ia dan seluruh warga sangat berharap upacara merti dusun kembali dapat dilaksanakan rutin setiap tahun sekali setelah sebelumnya sempat ditiadakan selama dua tahun karena adanya pandemi covid-19.

"Selama dua tahun kemarin memang terpaksa ditiadakan. Semoga saja ke depan tidak ada apa-apa lagi  sehingga  merti dusun ini kembali  bisa diadakan rutin setiap tahun", harapnya. (IMR)

Komentar atas Dimeriahkan Dengan Pentas Jathilan dan Gedrug, Warga Depok Gelar Upacara Merti Dusun

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

The Wonderfull Gilangharjo

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License