Desa Gilangharjo Merintis Sentra Industri Gamelan

Administrator 07 Maret 2018 10:40:25 WIB

Desa budaya Gilangharjo memiliki kawasan yang menjadi saksi sejarah peradaban Majaphit.  Kawasan tersebut sekarang terletak di Dusun masih terkenal dengan produk pande besinya. Zaman  Kerajaan Majapahit, lahir para empu untuk memproduksi pusaka. Beberapa pusaka tersebut masih tersimpan dengan baik di Keraton Yogyakarta.

Berdasarkan sejarah tersebut, Pemerintah Desa Gilangharjo serta didukung oleh Pengurus Ketua Desa Budaya dan para pengrajin pandai besi di Desa Gilangharjo berinisiatif untuk membentuk kelompok perintis sentra industri gamelan. Inisiatif tersebut dilatarbelakangi oleh potensi daya manusia yang ada dan usaha untuk melestarikan seni budaya yang berkaitan dengan gamelan.

 

Pada hari selasa, 6 Maret 2018  bertempat di Balai Desa Gilangharjo telah dibentuk kelompok perintis sentra industri yang di ketuai oleh Bapak Giyanto dan telah disetujui oleh Kepala Desa serta Ketua Desa Budaya. Peran Pendamping Seni budaya yang berada di bawah naungan Dinas Kebudayaan  DIY diberikan amanat untuk mendampingi proses terbentuknya sentra industri gamelan di Desa Budaya Gilangharjo. 

 Penulis : Yani

Pendamping Budaya Desa Gilangharjo

Komentar atas Desa Gilangharjo Merintis Sentra Industri Gamelan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas