Menanamkan Nilai Seni dan Budaya Sejak Dini, Siswa Siswi SD Bongsren Tekun Belajar Karawitan

Ndaru Admin Web 16 Januari 2023 09:38:38 WIB

Gilangharjo (9/1) Kesenian dan Kebudayaan tidak hanya tertanam pada pekerja seni, pegiat seni, ataupun keluarga seni, seni dan budaya sudah seharusnya ditanamkan pada anak anak usia dini, selain untuk mengajarkan nilai nilai budaya. Seni, khususnya seni musik tradisi atau karawitan juga dapat meningkatkan kinerja motorik otak anak, yang mana disinyalir dapat mendukung kegiatan belajar mengajar dalam hal akademis maupun non akademis.

SD Bongsren, dalam hal seni tradisi maupun modern sudah menunjukkan banyak pencapaian, seni musik modern (marching band), seni vokal, seni pencak silat, seni tari dan seni karawitan, pada seni tari SD Bongsren beberapa kali menyabet juara tingkat lokal maupun Daerah, Juara 1 Lomba Tari Anak antar SD dan Sanggar Anak se Gilangharjo, dan juara harapan 2 tingkat daerah antar sanggar dan Sekolah Dasar se DIY - Jateng, Pencapaian yang bisa dikatakan membanggakan.

Beriringan dengan kesenian tari SD Bongsren, Karawitan pun mulai menarik minat dari siswa siswi dari kelas 1-6, dengan dasar siswa siswi yang dari Nol di dunia karawitan, dalam 6 kali pertemuan anak anak sudah dapat melantunkan beberapa gending dolanan sederhana antara lain Sluku Sluku Batok, Suwe Ora Jamu, Jaranan Tedji, dan lain lain.

Dengan adanya banyak kegiatan di luar akademis ini di harapkan dapat meningkatkan semangat belajar siswa siswi agar nantinya lulus dengan nilai terbaik dan mampu bersaing dengan sekolah lain. (GP)

Komentar atas Menanamkan Nilai Seni dan Budaya Sejak Dini, Siswa Siswi SD Bongsren Tekun Belajar Karawitan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas