Dinas Kebudayaan DIY menyelenggarakan Pawiyatan Jawa di Desa Budaya Gilangharjo

Administrator 19 Maret 2018 12:00:23 WIB

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta melalui seksi Bahasa Jawa  menyelenggarakan pawiyatan Jawa. Kegiatan ini perdana  dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2018 di Pendopo Pangrawiting Aji, Dusun Jodog, Gilangharjo. Pawiyatan Jawa ini diikuti oleh sejumlah siswa perwakilan dari beberapa SD dan SMP di wilayah Gilangharjo dan sekitarnya. Selanjutnya, kegiatan ini akan dilakukan rutin selama 6 bulan pada hari Jum’at dan Minggu dengan durasi waktu 1,5 jam, difasilitasi oleh para instruktur yang memiliki kompetensi pada bidang tersebut.

Pelatihan ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan seni budaya di bidang bahasa Jawa. Menurut Drs. Dri Hardono, selaku kasi Sastra Dinas Kebudayaan DIY, pelatihan ini nantinya untuk melestarikan bahasa Jawa dan meningkatakan keterampilan dalam bidang bahasa, tulisan, macapat, karawitan dan etika di kalangan anak- anak.

“Kami memiliki harapan di tahun berikutnya, kegiatan ini dapat dilakukan pada tiap desa budaya. Mengingat melalui pelatihan ini menghasilkan generasi yang mencintai budaya dan etika yang baik. Selain itu, banyak harapan Kami agar tiap seksi atau bidang  seni budaya dapat menyentuh kegiatan budaya dengan sasaran desa budaya” pemaparan beliau pada saat soft opening.

 

Kegiatan ini diharapkan dapat  meningkatkan keterampilan khususnya bahasa dan sastra Jawa di kalangan anak-anak selaku generasi penerus bangsa yang kelak memiliki kewajiban untuk melestarikan seni dan budaya sebagai aset kekayaan bangsa. Apresiasi dan respon yang sangat baik pada kegiatan ini, terlihat dari antusias dan keseriusan  anak-anak dan para orang tua dalam menyimak pemaparan dan parkatek yang diberikan oleh para instruktur.

 

Penulis :

Tim Pendamping Seni Budaya

Desa Budaya Gilangharjo

Komentar atas Dinas Kebudayaan DIY menyelenggarakan Pawiyatan Jawa di Desa Budaya Gilangharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License