Pengendalian OTP Tanaman Padi oleh BPP Pandak dan Petani Kadisoro

Ndaru Admin Web 23 Januari 2023 11:30:04 WIB

Gilangharjo (19/1) BPP (Badan Penyuluh Pertanian) Kapanewon Pandak bersama Poktan Kadisoro melaksanakan Pengendalian Organisme Penganggu Tumbuhan (OPT). Pengendalian organisme penganggu tumbuhan (OPT) adalah kegiatan yang meliputi pelaksanaan pengamatan, peramalan, pemeriksanan, pengendalian, analisis dan evaluasi hasil, bimbingan pengendalian, pemantauan daerah sebar OPT, serta visualisasi dan informasi, dan pengendalian populasi atau tingkat serangan organisme pengganggu tumbuhan dengan menggunakan satu atau lebih dari berbagai teknik pengendalian yang dikembangkan dalam suatu kesatuan, untuk mencegah timbulnya kerugian secara ekonomis dan kerusakan lingkungan hidup.

Kegiatan dihadiri Oleh Dirjen Perlindungan Tanaman Pangan Kementrian Pertanian RI, Kepala Dinas Pertanian DIY, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bantul, Jajaran Forkopimkap, Lurah Gilangharjo, serta seluruh anggota Poktan Kadisoro ini dilanjutkan dengan Sarasehan bersama, seluruh petani yang hadir masing-masing menyampaikan aspirasi langsung dihadapan pemangku kebijakan terkait.

Banyak aspirasi yang disampaikan, beberapa diantaranya, pengadaan drone untuk penyebaran pupuk melalui udara diarea lebih dari 30 Hektare, pengendalian pupuk dan bibit padi agar tidak terjadi kelangkaan. Semua aspirasi bertujuan untuk memaksimalkan hasil panen, yang diharapkan agar pergerakan harga jual dapat dikendalikan dan tidak menimbulkan kerugian produksi maupun konsumsi. (GP)

Komentar atas Pengendalian OTP Tanaman Padi oleh BPP Pandak dan Petani Kadisoro

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas