Pertunjukan Rama Sinta Modern hasil Kreatifitas Warga Gunting

Administrator 27 Maret 2018 08:21:05 WIB

Dusun gunting terletak di bagian selatan desa budaya Gilangharjo, dengan geogafi yang eksotis , pusat kerajinan batik dan sumber daya manusia kreatif. Kegiatan seni budaya masih dilestarikan. Tunas Budaya, sanggar yang  beranggotakan karang taruna memiliki motivasi untuk berkecimpung dalam seni budaya. 

Pada tanggal 9 Maret, karang taruna Gunting genap berusia 31 tahun. Sebagai bentuk totalitas kinerja, para pemuda pemudi ini berinisiatif menggelar pertunjukan yang bernuansa seni budaya, diolah secara inovatif menggabungkan kesenian modern dan klasik. “Kami ingin membuat suatu kegiatan yang positif, dengan melestarikan seni budaya melalui pertunjukan teater. Sebelum kegiatan ini dilaksanakan, kami telah mengadakan beberapa pertemuan untuk membahas hal tesebut. Pada rapat disetujui beberapa alternatif kegiatan diantaranya; out bond, elekton  dan teater. Dari hasil voting seluruh anggota karang taruna, maka disetujuilah pertunjukan teater sebagai bentuk kegiatan dalam menyemarakkan hari ulang tahun karangtaruna”, pemaparan Maryanto selaku ketua karang taruna. 

Rencananya, pertunjukkan tetaer ini akan digelar dipelataran sanggar Tunas Budaya Gunting pada hari Sabtu, 31 Maret 2018. Ide cerita dari Rama Shinta, dikemas dengan modern semi komedi, tetapi tetap bernuansa budaya dengan perpaduan beberapa irama gending dan tembang kangen.

Anggaran yang digunakan untuk kegiatan ini adalah hasil iuran para anggota pada pertemuan rutin yang diselenggarakan setiang Minggu Kliwon. Semangat dan kreatifitas ini dapat menjadikan teladan bagi karangtaruna di dusun lain, untuk berkegiatan positif dengan menggali potensi dan melestarikan seni budaya.

 

Penulis

(Tim Pendamping Seni Budaya)

Komentar atas Pertunjukan Rama Sinta Modern hasil Kreatifitas Warga Gunting

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License