Forum Group Discusion Peran Desa Dalam Pengembangan UMKM dan Digitalisasi Sistem Pembayaran

Ndaru Admin Web 26 Maret 2023 11:28:14 WIB

Palbapang (3/3) Gilangharjo berserta lima kalurahan lain, Palbapang, Sabdodadi, Girirejo, Trirenggo, dan Timbulharjo tergabung dalam Forum Group Discusion tentang peran desa dalam pengembangan inovasi UMKM dan digitalisasi sistem pembayaran yang diselenggarakan oleh Yayasan Pilar Langit Intra (PALTRA) bekerja sama dengan Bank Indonesia, pertemuan di gelar di Gedung Aula Kalurahan Palbapang, setiap kelurahan mengirimkan delegasi dari unsur pamong kalurahan, perwakilan IT kalurahan, Karangtaruna, KWT, dan Pokdarwis, dan dihadiri oleh Ketua Komisi XI DPR-RI, RM. Moch Wahyu Wibisono, Perwakilan Bank Indonesia, Dina Tania Tampubolon, Ketua Yayasan Paltra, Bayu Grendo Sigarete, S.Pd., M.Pd., B.I.

Pembahasan antara lain mengenai sistem pembayaran menggunakan dompet digital dan barcode yang terhubung oleh aplikasi tertentu dan rekening bank, selain untuk memudahkan pembayaran juga untuk mempercepat proses transaksi, dalam hal ini bagi UMKM maupun perusahaan mikro lainnya.

Selain itu ada pula pembahasan tentang aplikasi layanan online kalurahan, yang menyediakan pelayanan surat, surat keterangan, surat permohonan, kependudukan, dan dokumen lain agar terintegrasi dengan sistem pusat dengan teknologi yang canggih sehingga hanya perlu mengoprasikan aplikasi di smartphone saja keperluan terkait surat menyurat di kalurahan bisa diselesaikan lebih cepat tanpa mengantri. Harapannya dengan mengikuti dan mengimbangi perkembangan teknologi digital kita semua dapat dimudahkan dalam segi apapun, baik pembayaran, pelayanan publik, informasi, dan lain lain.

Komentar atas Forum Group Discusion Peran Desa Dalam Pengembangan UMKM dan Digitalisasi Sistem Pembayaran

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas